Daftar Gaji Dokter Bedah Terbaru dan Tunjangannya


Gajiterbaru.id – Gaji dokter bedah mencapai puluhan juta per bulan. Dokter bedah (general surgeon) adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di dunia. Dokter bedah bertugas menangani permasalahan medis melalui tindakan operasi atau bedah dan obat-obatan. Risiko dan beban pekerjaan mereka bisa dikatakan tinggi.

Selain mendapatkan gaji dari operasi, dokter bedah juga mendapatkan upah dari praktik atau jasa profesi seperti dokter umum dan dokter spesialis lainnya. Jalan menjadi dokter bedah tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Simak berapa kisaran gaji yang didapatkan dokter bedah di sini.

Jenis-jenis Dokter Bedah

Jenis-jenis Dokter Bedah

Ternyata masih ada spesialisasi dari dokter bedah. Umumnya, dokter bedah memiliki gelar berbeda yang tersemat di belakang namanya. Gelar tersebut menandakan spesialisasi dari keahlian bedah yang mereka miliki. Setiap gelar menandakan keahlian dokter bedah dalam membedah area tubuh tertentu.

Berikut adalah berbagai spesialis dokter bedah.

1. Dokter Bedah Usus Besar dan Rektal

Dokter bedah usus besar dan rektal ahli dalam pembedahan dan penanganan masalah di bagian usus. Gelar tambahan untuk dokter bedah usus besar dan rektal adalah Sp.B, KBD.

2. Dokter Bedah Saraf

Dokter bedah saraf (neurosurgeon) menangani penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf dan otak. Gelar tambahan untuk dokter bedah saraf adalah Sp.BS. Gaji dokter spesialis tertinggi adalah gaji dokter bedah saraf.

3. Dokter Bedah Kandungan

Dokter bedah kandungan (ob/gyn) menangani wanita hamil, melahirkan, pasca melahirkan dan tindakan operatif yang berhubungan dengan persalinan maupun sistem reproduksi wanita (operasi caesar atau pengangkatan rahim).

Baca Juga:  Gaji Mitra BPS, Bonus, Tunjangan, dan Tugas 2024

4. Dokter Spesialis Mata

Selain memeriksa mata, dokter spesialis mata (ophthalmologist) juga bisa melakukan prosedur pembedahan untuk memperbaiki masalah mata, salah satunya operasi katarak.

5. Dokter Bedah Mulut dan Maksilofasial

Dokter dengan gelar Sp.BM ini ahli dalam menangani tindakan operatif di daerah kepala, wajah, leher, dan rahang. Dokter bedah mulut dan maksilofasial adalah dokter gigi yang mengambil program spesialis.

6. Dokter Bedah Ortopedi

Dokter bedah ortopedi adalah dokter bedah yang menangani masalah yang berhubungan dengan “pertulangan” atau muskuloskeletal. Gelar dokter ortopedi adalah Sp.Bo.

7. Dokter Spesialis THT

Dokter spesialis THT (otolaryngologist) adalah dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan yang memiliki kemampuan pembedahan pada ketiga bagian tubuh tersebut, salah satunya operasi sinus.

8. Dokter Bedah Plastik dan Maksilofasial

Dokter bedah plastik adalah dokter bedah yang melakukan pembedahan untuk tujuan kecantikan. Dokter bedah menangani rekonstruksi, perbaikan, dan penggantian bagian tubuh. Gaji dokter bedah plastik termasuk yang menjanjikan bukan hanya karena nominalnya, tetapi juga karena permintaannya.

9. Dokter Bedah Anak

Dokter bedah anak dengan gelas Sp.BA menangani pembedahan untuk anak, bayi baru lahir, dan remaja.

10. Dokter Bedah Toraks dan Kardiovaskuler

Disebut juga ahli bedah jantung, dokter bedah toraks dan kardiovaskuler melakukan tindakan pembedahan pada bagian jantung dan organ dada lainnya. Selain itu, dokter bedah toraks juga menangani masalah pembuluh darah. Dokter bedah toraks memiliki gelar Sp.BTKV.

11. Dokter Spesialis Urologi

Dokter spesialis urologi kompeten melakukan prosedur pembedahan pada area kandung kemih, ureter, prostat, uretra, testis, dan ginjal. Gelar dokter spesialis urologi adalah Sp.U.

Gaji Dokter Bedah Beserta Tunjangannya

Gaji Dokter Bedah Beserta Tunjangannya

Tidak terdapat tarif yang berlaku umum untuk setiap operasi yang dilakukan, begitu juga dengan sistem pengupahan untuk dokter bedah. Dengan demikian, gaji per bulan dokter bedah bisa berbeda tergantung banyak faktor. Kisaran gaji dokter bedah di indonesia adalah Rp 20 juta sampai Rp 45 juta per bulan.

Baca Juga:  Daftar Gaji Polisi Militer, Bonus, dan Tunjangan 2024

Adapun faktor-faktor yang bisa berpengaruh pada besaran honor dokter bedah adalah latar belakang pendidikan, pengalaman, status kepegawaian, dan rumah sakit dimana mereka berpraktik. Apabila dokter bedah berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS), maka aturan gajinya mengikuti aturan gaji PNS.

Apakah dokter bedah mendapatkan tunjangan? Dokter bedah akan mendapatkan bonus dan tunjangan sesuai dengan status kepegawaian dan kebijakan rumah sakit dimana mereka bekerja. Jika dokter bedah merupakan PNS, maka mereka juga akan mendapatkan tunjangan sesuai pangkat, golongan dan jabatan.

Umumnya, dokter bedah mendapatkan penghasilan tambahan dari jasa profesi. Mereka juga tidak berpraktik di satu tempat sehingga mendapatkan pendapatan di tempat yang berbeda. Berbeda tempat bisa berbeda pula gaji yang diberikan. Itulah kenapa, honor dokter bedah di Indonesia cukup bervariasi.

Cara Menjadi Dokter Bedah

Cara Menjadi Dokter Bedah

Gaji dokter bedah yang tinggi berhasil menarik minat banyak orang untuk menjadi dokter bedah. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan gelar dokter bedah dan bisa mempraktikkan kemampuan Anda dalam membedah pasien. Selain waktu, kompetensi yang harus dikuasai tidak mudah.

Berikut adalah tahapan dan cara menjadi dokter bedah.

1. Preklinik

Masa preklinik adalah masa kuliah calon dokter yang lamanya adalah 3,5 tahun. Tidak jauh berbeda dengan kuliah ilmu lain, mahasiswa kedokteran akan menjalani perkuliahan, ujian, dan skripsi untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Setelah lulus, Anda bisa lanjut ke program profesi.

2. Koas

Koas atau Co-Assistant adalah program yang harus diikuti oleh calon dokter. Anda yang berpartisipasi dalam program ini disebut dokter muda. Koas berlangsung selama 1,5 sampai 2 tahun, diselenggarakan di rumah sakit yang bekerja sama dengan kampus, dan dilakukan dengan pengawasan dokter senior.

3. Uji Profesi Dokter

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang terdiri dari OSCE dan Computer Based Test harus diikuti oleh dokter muda setelah selesai koas. Ujian tersebut dilakukan 4 kali dalam setahun. UKMPPD akan menguji kemampuan Anda mempraktikkan keahlian dokter sesuai kompetensi.

Baca Juga:  Daftar Gaji Operator Tambang Batubara Terbaru

4. Internship

Setelah lulus UKMPPD dan mendapatkan gelar dokter (dr) dan Surat Tanda Registrasi (STR), Anda masih harus menjalani internship (magang). Pada tahap ini, Anda disebut dokter magang dan akan membuktikan kompetensi keahlian di lapangan. Selama magang, Anda akan mendapatkan gaji Rp 1 sampai Rp 5 juta.

Dokter senior akan memberikan penilaian mengenai kompetensi dan kinerja Anda ketika magang. Mereka akan menjadi penentu kelulusan pada tahap ini. Apabila Anda lulus, maka Anda akan mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). Sampai di sini, Anda telah berhasil menjadi dokter umum dan siap mendirikan praktik.

5. PPDS

Jalan Anda menjadi dokter bedah sudah semakin dekat. Setelah menjadi dokter umum, saatnya mengikuti PPDS atau Pendidikan Program Dokter Spesialis alias kuliah kedokteran spesialis. Durasi PPDS antara 4 sampai 6 tahun tergantung tingkat kesulitan bidang yang diambil. Status Anda adalah dokter residen.

Tahap ini merupakan tahap terakhir yang harus Anda lalui untuk menjadi dokter bedah. Dalam prosesnya, Anda bisa mengambil spesialis bedah saraf, bedah anak, bedah ortopedi, dsb. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan gelar Sp.B beserta gelar khusus sesuai dengan keahlian khusus yang dikuasai.

Gaji dokter bedah yang tinggi sebanding dengan risiko, beban pekerjaan, dan durasi pendidikan yang harus mereka jalani. Besarnya honor dokter bedah membuat profesi tersebut menjadi idaman untuk para dokter. Persiapkan diri Anda dari sekarang jika berminat menjadi dokter bedah di masa depan.

Baca Juga: