Gaji Satpam Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI 2024


Satuan Pengamanan atau yang sering disebut satpam bank merupakan salah satu profesi yang bertugas menjaga keamanan di lingkungan sekitar bank, membantu nasabah, dan memberi nomor antrian untuk nasabah. Lalu, berapakah besaran gaji satpam bank?

Meski terlihat mudah, profesi satu ini memerlukan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi seperti menjalankan pelatihan dan pendidikan untuk mendapat sertifikat dan kartu anggota. Nah, untuk mengetahui tugas dan gaji satpam dari berbagai bank, mari simak ulasan berikut ini.

Gaji Satpam Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI

Berdasarkan data yang dikutip dari money.id, besaran gaji satpam di bank terbilang bervariasi. Berikut ini kami rangkumkan besaran gaji satpam dari berbagai bank.

1. Gaji Satpam Bank BCA

Gaji Satpam Bank BCA

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA) memang memiliki jumlah nasabah yang sangat banyak. Pelayanan yang diberikan oleh bank swasta satu ini juga sudah tidak perlu diragukan.

Bahkan, satpam yang bekerja di bank swasta satu ini pernah menjadi trending topic di berbagai media sosial karena keramahan dan pelayanannya yang memuaskan. Meski begitu, besaran gaji satpam di BCA ternyata tidak terlalu besar yaitu kisaran Rp2.800.000 per bulan.

Dengan jam kerja 8 – 12 jam per hari dan menerapkan sistem kerja shift, besaran gaji satpam di bank BCA ini bahkan bisa dibilang kecil karena masih kalah dengan gaji peserta magang bakti BCA yang bisa mendapatkan Rp4.650.000 per bulan.

Baca: Gaji Pegawai Bank BCA

2. Gaji Satpam Bank Mandiri

Gaji Satpam Bank Mandiri

Sebagai bank terbaik di urutan kedua setelah BRI, Bank Mandiri memang memiliki pelayanan dan fasilitas yang memuaskan. Mandiri juga berhasil menjadi bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilakukan pemerintah dan masuk dalam jajaran 10 besar bank terbaik yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Daftar Gaji Pegawai Bank Mega Syariah Semua Jabatan 2024

Predikat baik ini tentunya tidak lepas dari kinerja satpam bank Mandiri yang mengangkat slogan andalan “Senyum, Sapa, Salam, dan Tindak”.

Meski begitu, besaran gaji satpam yang bekerja di bank Mandiri ternyata terbilang kecil dibandingkan gaji satpam dari bank lainnya yaitu hanya kisaran Rp2.000.000 per bulan.

Baca: Gaji Pegawai Bank Mandiri

3. Gaji Satpam Bank BRI

Gaji Satpam Bank BRI

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank terbesar sekaligus tertua di Indonesia. Bank yang termasuk dalam kategori BUMN (Badan Usaha Milik Negara) satu ini memiliki security atau satpam yang memberikan pelayanan memuaskan.

Demi kenyamanan dan kepuasan para nasabah BRI, HRD selalu mencari kandidat satpam yang memiliki kualifikasi etos kerja yang baik. Selain menjaga keamanan di lingkungan bank, satpam BRI juga bertugas membantu, melayani, dan mengarahkan nasabah.

Besaran gaji yang diterima oleh satpam BRI juga lumayan tinggi dibandingkan gaji satpam di bank Mandiri dan BCA yaitu kisaran Rp3.100.000 per bulan. Angka ini bisa dikatakan ideal karena hampir menyamai rata-rata gaji satpam di Indonesia yang jumlahnya mencapai Rp3.110.151.

Baca: Gaji Pegawai Bank BRI

4. Gaji Satpam Bank BNI

Gaji Satpam Bank BNI

Berdiri sejak tahun 1946 tepatnya pada 5 Juli, Bank Negara Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan BNI memang menjadi salah satu bank komersial tertua di sejarah perbankan Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, BNI juga memiliki lebih dari 5 cabang di negara lain.

Reputasi baik dari bank BNI ini tentunya tidak lepas dari kinerja satpam yang sangat baik dan perlu mendapatkan apresiasi. Setelah satpam BCA, satpam BNI juga sempat menjadi trending topic di media sosial karena keramahannya.

Kinerja satpam BNI juga sangat patut diacungi jempol karena sudah memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah bank. Gaji satpam bank BNI juga terbilang tinggi dibandingkan bank-bank lainnya yaitu kisaran Rp3.600.000 per bulan.

Baca Juga:  Daftar Gaji Pegawai Bank Syariah Indonesia 2024

Baca: Gaji Pegawai Bank BNI

4. Gaji Satpam Bank Lainnya

Selain bank-bank di atas, kami juga menyusun daftar kisaran gaji satpam dari bank lainnya di Indonesia.

Nama Bank Rata-rata Gaji Satpam per Bulan
Bank Danamon Rp2.200.000
Bank Panin Rp2.200.000
Bank Permata Rp2.200.000
Bank Jateng Rp2.200.000
Bank BKK Rp2.200.000
Bank Artha Graha Rp2.300.000
Bank Mandiri Syariah (Bank Syariah Indonesia) Rp2.300.000
Bank Mandiri Taspen Rp2.300.000
Bank Mega Rp2.300.000
Bank Muamalat Rp2.300.000
Bank Bukopin Rp2.300.000
Bank Nagari Rp2.400.000
Bank Jatim Rp2.500.000
Bank Jambi Rp2.500.000
Bank Riau Kepri Rp2.500.000
Bank Lampung Rp2.500.000
Bank Mayora Rp2.500.000
Bank BPD Rp2.500.000
Bank BPD Aceh Rp2.500.000
Bank Sulut Rp2.500.000
Bank BTPN Rp2.500.000
Bank DKI Rp2.600.000
Bank BJB Rp2.600.000
Bank CIMB Niaga Rp2.600.000
PSKK Bank BRI Rp2.600.000
Bank Sumut Rp2.800.000
Bank Sumsel Babel Rp2.800.000
Bank Kalsel Rp3.000.000
Bank Kalteng Rp3.000.000
Bank Kalbar Rp3.000.000
Bank NTT Rp3.000.000
Bank Papua Rp3.000.000
Bank Indonesia (BI) Rp3.400.000

 Tunjangan yang Didapat Satpam Bank

Tunjangan yang Didapat Satpam Bank

Di samping mendapatkan gaji pokok, satpam-satpam yang bekerja di bank juga mendapatkan beberapa tunjangan. Beberapa tunjangan juga dapat berupa uang tunai atau cash. Berikut ini beberapa tunjangan yang diperoleh satpam bank.

  • Tunjangan pembinaan
  • Tunjangan jabatan
  • Tunjangan seragam
  • Tunjangan hari raya (THR)
  • Bonus kinerja

Peran dan Tanggung Jawab Satpam Lembaga Keuangan Bank

Peran dan Tanggung Jawab Satpam Lembaga Keuangan Bank

Secara umum, satpam (satuan pengamanan) bank memiliki tugas utama yaitu menjaga keamanan dan ketertiban. Keamanan ini antara lain pengamanan fisik, aspek personal, informasi, dan pengamanan teknis lainnya.

Meski besaran gaji satpam bank berbeda-beda, namun peran dan tanggung jawab satpam di masing-masing bank hampir sama yaitu sebagai berikut ini.

  • Membantu kinerja polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di lingkungan bank.
  • Mampu memberikan dan menciptakan rasa aman dan nyaman dalam melayani nasabah, karyawan, dan masyarakat yang berada di area sekitar tempat kerja.
  • Membantu melindungi harta benda milik nasabah, karyawan, dan masyarakat yang berada di lingkungan bank dengan tingkat visibilitas yang tinggi agar terhindar dari segala tindak kejahatan.
  • Menjaga dan menanggulangi terjadinya insiden atau kecelakaan sebelum orang-orang melakukan kegiatan berkumpul di gedung komersial.
  • Mengawasi dan mewaspadai apabila ada orang atau barang yang mencurigakan dan dapat membahayakan orang-orang di sekitar lingkungan bank.
  • Membantu menjaga keamanan mobil pengangkut uang tunai dan lain sebagainya.
Baca Juga:  Daftar Gaji Pegawai Bank Oke Indonesia Semua Jabatan 2024

Fakta Menarik Satpam Lembaga Keuangan Bank

Fakta Menarik Satpam Lembaga Keuangan Bank

Selain harus menjalankan peran dan tugasnya dengan bertanggung jawab, ada fakta menarik dari profesi satpam bank antara lain kemampuan dalam mengontrol emosi (emotional labour surface acting).

Meskipun pada awalnya hanya bersifat pencitraan, namun hal ini nantinya akan terbawa dalam perilaku sehari-hari. Seorang satpam tidak hanya dituntut untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban saja, namun juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah bank.

Prosedur yang harus ditaati dan diterapkan oleh seorang satpam antara lain memberikan senyuman, menyapa, dan selalu bersikap ramah dengan nasabah. Seorang satpam harus bisa menjaga rahasia dan nama baik perusahaan.

Seorang satpam harus senantiasa waspada terhadap kemungkinan terjadinya gangguan keamanan. Selain itu, satpam juga harus peka terhadap peluang terjadinya kejahatan di jam-jam rawan sekaligus memiliki keberanian untuk menghadapi situasi tersebut.

Ulasan mengenai tugas dan besaran gaji satpam bank di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Tidak hanya membantu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan bank, satpam bank juga harus mampu melayani nasabah yang membutuhkan bantuan atau informasi.